Komite I DPD RI Asal Aceh Dukung CDOB Aceh Malaka

BANDA ACEH – Senator DPD RI Asal Aceh yang juga Pimpinan Komite I DPD RI yang membidangi Pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) memberikan apresiasi yang tinggi atas rekomendasi DPRA dalam sidang paripurna DPR Aceh pada Kamis malam (4/7/2019).

Paripurna DPRA itu merekomendasi pemekaran Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB), yakni Kabupaten Aceh Malaka.

Pengesahan rekomendasi itu oleh pimpinan sidang, Drs Sulaiman Abda, berlangsung di Gedung Utama DPRA, Banda Aceh.

Sidang dibuka sejak pukul 21.00 WIB, diawali dengan pengesahan Qanun Retribusi Aceh, RPJMA 2017-2022, dan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Aceh tahun 2018.

Fachrul Razi mengatakan ini langkah positif dan selanjutnya, dirinya dan rekan-rekan DPD RI dan DPR RI asal Aceh wajib memperjuangkan ini.

“Pada dasarnya kita telah memasukkan calon DOB Kabupaten Aceh Malaka beserta Calon DOB lainnya, namun syarat administrasi tetap kita ikuti sesuai dengan UU.

Mengacu pada UU No 23/2014, untuk menjadi daerah otonom baru (DOB), sebuah daerah harus menjadi daerah persiapan selama tiga tahun.

Pada akhir masa daerah persiapan, akan ada evaluasi lagi oleh pemerintah bersama DPR Jika layak, daerah bisa menjadi DOB, tetapi jika sebaliknya, daerah persiapan dikembalikan ke daerah induk.

Dirinya juga akan menagih janji Presiden Jokowi yang memberikan “lampu hijau” Pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten/Kota di Indonesia dimasa akhir jabatannya.  tribunnews

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *